Pada 7 April 2016 Koperasi Trisakti Bhakti Pertiwi (Kosakti) mengadakan pendidikan dasar (Diksar) Koperasi. Pelatihan ini diadakan di kantor Kosakti di Salemba Jakarta Pusat. Tujuan Diksar perkoperasian ini sebagai jalan transformasi bagi pembaharuan sosial bagi masyarakat. Selain itu, Adanya pendidikan koperasi ini akan membentuk komitmen bersama untuk membangun gerakan baru dan terjadinya pembaharuan sosial ekonomi di Indonesia.

Kegiatan ini merupakan angkatan pertama dari rencana pelatihan reguler yang akan diadakan oleh Koperasi Trisakti (Kosakti). Pada kesempatan pelatihan ini diikuti oleh 6 orang dari berbagai organisasi baik NGO maupun pegiat koperasi di Jakarta, salah satunya adalah Koperasi Penabulu.

Sebagai pembicara adalah Suroto yang merupakan Ketua pengurus Kosakti dan Mok Sobirin yang menjabat sebagai Sekretaris Umum. Menurut Sobirin, awal mula koperasi berdiri untuk menyeimbangkan sistem ekonomi kapitalis yang merajalela pada akhir abad 18. Koperasi pun berdiri diantara para petani di Jerman dan berkembang sampai dengan saat ini.

Menurut Suroto, Koperasi seharusnya menjadi soko guru perekonomian Indonesia, namun pada kenyataannya kebijakan tentang perkoperasian di Indonesia seperti tidak berpihak pada tujuan tersebut. Ekonomi yang berkembang pada saat ini di Indonesia adalah tetap sistem Kapitalis dan perbankan. Jumlah Koperasi di Indonesia saat ini ada ribuan, namun yang sehat hanya beberapa ratus saja sisanya tidak berkembang sebagaimana mestinya.

Seharusnya Koperasi sekarang ini harus tetap berpegang pada prinsip-prinsip dasarnya, salah satu contohnya adalah anggotanya bersifat terbuka. Namun, saat ini banyak sekali koperasi yang sifatnya eksklusif seperti koperasi karyawan perusahaan tertentu yang anggotanya hanya karyawan. Seharusnya mekanisme itu diubah agar gerak koperasi lebih leluasa. Karena mengatasnamakan karyawan atau entitas tertentu hanya akan membelengu perkembangan Koperasi tersebut.

Harapannya dengan adanya Koperasi, masyarakat bisa berkembang dan mandiri secara ekonomi dengan menjadi anggota Koperasi.