Koperasi berbasis komoditi kakao merupakan salah satu bentuk upaya perbaikan kesejahteraan petani kakao dirancang untuk meningkatkan penghasilan petani kakao, khususnya petani kakao di wilayah dampingan Pertamina PHE NSB.

Pembangunan sendiri dimulai pada bulan Agustus 2015. Peletakan batu pertama sudah dilakukan pada tanggal 11 Agustus 2015.

Secara bersama-sama Petani dampingan Pertamian PHE NSB sepakat memberi nama Koperasi yaitu Koperasi Perkebunan “Kakao Unggul” Aceh Utara. Yang berlokasi di jalan Teungoh, Gampong Rayeuk Meunye, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara.

Setelah mengadakan Pelatihan Keuangan dan Manajemen Koperasi Perkebunan “Kakao Unggul Aceh Utara. pada tanggal 25-26 Januari 2016 dan pelatihan Keuangan dan Acounting Software Koperasi Perkebunan “Kakao Unggul” Aceh Utara dari tanggal 15-17 Februari 2016 di Aula pusat Kesehatan Paru Masyarakat (PKPM) Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara.

Kembali Yayasan Penabulu mengadakan kegiatan Study Visit tanggal 18-20 April 2016 dengan tujuan pembelajaran, perbandingan ke arah yang lebih baik.

Study visit merupakan suatu kegiatan kunjungan belajar dengan tujuan untuk mempelajari aspek-aspek yang dianggap lebih baik dan lebih berhasil yang dilakukan oleh kelompok kerja dalam mengelola kegiatan yang dimaksudkan.

Kegiatan study visit yang dilakukan oleh Koperasi Kakao Unggul yaitu ke Koperasi Citra Mandiri dan Gapoktan Penyangga di Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Koperasi Citra Mandiri merupakan wadah tempat bernaungnya petani, baik petani sawit, kakao, pinang, kelapa, dan lain-lain di Kecamatan Gebang yang berdiri dari tahun 2007. Gapoktan Penyangga merupakan tempat bernaungnya petani kakao yang ada di desa Sangga Lima dan desa ini merupakan desa organik dibawah binaan Dinas Perkebunan dan kehutanan Kabupaten Langkat.

Gapoktan Penyangga merupakan bagian dari Koperasi Citra Mandiri yang ada di desa, dengan alasan inilah study visit dilakukan ke Koperasi Citra Mandiri di desa Dogang dan Gapoktan Penyangga di desa Sangga Lima Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat Sumatera Utara.

Kegiatan tersebut diikuti oleh pengurus koperasi perkebunan “Kakao Unggul” Aceh Utara diantaranya adalah:

Study Visit Pengurus Koperasi Perkebunan “Kakao Unggul ” Aceh Utara Di Kab Langkat Sumatera  Utara, 18-20 April 2016

 

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Kabid Pengembangan Dinas Perkebunan dan Kehutanan Langkat dan staffnya yaitu:

  1. Agus Salman, SP (Kabid Pengembangan)
  2. Supardi, SP (Staff)
  3. Amat Suparno (Staff)

Kegiatan pertama dimulai langsung di kebun Kakao dengan tehnik pendekatan aktif dari petani Sangga Lima dan juga pengurus koperasi “Kakao Unggul” Aceh Utara.

Kegiatan yang dilakukan antara lain sebagai berikut:

  1. Review tentang tanaman Kakao
  2. Tehnik penanam vegetatif dan praktik langsung
  • Tehnik sambung samping
  • Tehnik sambung pucuk
  1. Pengenalan hama dan cara penaggulangan secara Alamiserta proses pengolahan biji kakao
  2. FGD tentang manajemen Kelompok
  • Manajemen kelompok
  • Manajemen pengelolaan keuangan
  • Pembagian SHU

Selain Sambutan dan Arahan dari Dinas Perkebunan dan Kehutanan Langkat, mereka juga melibatkan petani Desa Dogang dan juga Desa Sangga Lima diantaranya

  1. Gapoktan Dogang
  2. Gapoktan Penyangga
  3. Pengurus koperasi Citra Mandiri Gebang