Pada Selasa, 7 Juni 2016, Pengurus Koperasi Yayasan Penabulu yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara menghadap Notaris Ibu. Ira Dewi Indriasari yang beralamat di Jl. Duren Tiga Raya No. 35 Jakarta Selatan.

Penananda tanganan akta ini merupakan langkah awal untuk melegalkan koperasi Penabulu akan menjadi organisasi yang resmi dan tercatat di Kementerian Koperasi dan UKM. Dengan adanya akta notaris, maka secara hukum organisasi ini sudah diakui dan dapat dipertanggung jawabkan secara hukum.

Langkah selanjutnya adalah pengesahan dari pihak kementerian Koperasi dan UKM. Menurut Roni Indrawan Kepala Bidang Kaderisasi Kementerian Koperasi dan UKM, bahwa proses pengesahan Koperasi di kementerian hanya 7 hari jika tidak ditemukan masalah dalam berkas permohonannya. Pembuatan Koperasi semakin mudah saat ini, pekerjaan beratnya adalah bagaimana mengembangkan Koperasi agar memiliki daya saing yang tinggi dibandingkan dengan minimarket yang saat ini mulai marak di Indonesia, tambahnya.

Selanjutnya, Koperasi Penabulu akan bekerjasama dengan berbagai pihak baik kecil maupun besar untuk bersama-sama mensejahterakan masyarakat dan meningkatkan kemajuan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat Indonesia.