Sabtu, 17 September 2016 Tim Koperasi Penabulu diundang oleh BPMPD Garut untuk mengisi salah satu acara diskusi dengan tema Meningkatkan Peran dan Kapasitas Pemerintah Desa yang bertempat di Kantor BPMPD Garut, Desa Cimanganten, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

Pengisi acara diskusi kali ini terdiri dari Yayasan Penabulu, Ketua Gerakan Hejo, Pemerintah Kabupaten Garut. Ada 15 Desa yang mengikuti diskusi ini, masing-masing desa diwakili oleh Kepala Desa dan Para Olot (sesepuh).

Diskusi ini diharapkan agar tiap desa dapat mandiri dan para kepala desa mendapatkan solusi dari tiap permasalahan yang terjadi di desa mereka.

Awal sesi dibuka oleh Eka Santosa selaku Ketua Gerakan Hejo, ia memperkenalkan Yayasan Penabulu dan menceritakan desa dari sudut pandang pemerintahan.

Selanjutnya Aji Sekarmaji selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut bercerita tentang masalah sampah dan program Bank Sampah, yang dimaksud Bank Sampah adalah tempat pengumpulan sampah yang sudah dipilah dan hasil sampah tersebut disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan yang bahan utama nya dari sampah.

Peran tim Koperasi Penabulu di sini adalah untuk sosialisasi tentang Sistem Pengelolaan Manajemen Administrasi Desa, Pemaknaan Koperasi/BUMDes Dalam Rangka Pemberdayaan Ekonomi Desa, Sosialisasi Software SIAP DESA.

Sardi Winata dari Yayasan Penabulu berbagi pengalaman dari berbagai desa yang pernah didampingi nya, bahwa permasalahan tiap desa hampir sama, yaitu soal perencanaan program. “Jika perencanaan programnya tidak matang anggaran desa akan sulit teresap dengan baik, jadi jika ingin membuat perencanaan desa harus jeli melihat potensi di sekitar desa”, Ujar Sardi.

Di akhir sesi Maya Fathia memaparkan sedikit tentang sistem aplikasi SIAP Desa. Aplikasi ini akan sangat membantu para pengelola keuangan di pemerintahan desa untuk mencatat tiap penggunaan anggaran dan dapat memudahkan para administrator untuk membuat laporan.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment